Proses Lebih Penting Dari Hasil

Proses-Lebih-Penting-Dari-HasilLalu Musa mengulurkan tangannya ke atas laut, dan semalam-malaman itu TUHAN menguakkan air laut dengan perantaraan angin timur yang keras, membuat laut itu menjadi tanah kering; maka terbelahlah air itu. Kel 14:21

Hari itu Tuhan membuat mujizat atas bangsa Israel. Kita seringkali melihat hanya hasilnya. Sedangkan sebelum ada kisah Tuhan membelah laut, ada prosesnya.

Ada 3 proses yang dapat kita pelajari dari ayat ini:

1.Mengulurkan tangan.

Musa mengulurkan tangannya ke atas laut. Mengulurkan tangan artinya berserah. Musa sudah pasrah kepada Tuhan. Apa yang menjadi kehendak Tuhan.

Jika kita lihat dari perjanjian Baru

Lalu kata Yesus kepada orang itu: “Ulurkanlah tanganmu!” Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain. Mat 12:13

Pada waktu itu, Yesus menyuruh orang itu untuk mengulurkan tangan. Itu memerlukan usaha apalagi buat orang yang lumpuh. Misalnya orang yang karena kecelakaan saja sakit sekali saat digerakkan, butuh terapi untuk membantunya.

Mengulurkan tangan bukan berarti tanpa usaha. Ada kata ‘sakit’ di tengah proses.

Pada saat kita mengulurkan tangan, maka Tuhan yang akan campur tangan.

mengulurkan-tangan

  1. Semalam-malaman

Tidak ada suatu proses yang instan dalam Tuhan. Kita harus melalui malam yang gelap, sakit ataupun bangkrut. Itu semua adalah proses. Tapi bagi Tuhan proses itu lebih penting dari hasil. Apa yang dapat kita pelajari dari proses tersebut?

Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya. 1 Ptr 1:6-7

Tujuannya adalah untuk membuktikan kemurnian iman kita

Kita ambil contoh wanita pendarahan sudah duabelas tahun atau orang lumpuh di kolam Bethesda. Semuanya ada ‘kisah’ di balik mujizat yang Tuhan berikan. Bersabarlah apabila kita sedang melewati malam yang gelap.Percaya, matahari pasti akan terbit untuk kita.

semalam-malaman

 

  1. Angin timur yang keras

Disini bisa berarti badai yang diijinkan Tuhan dalam hidup kita bisa itu penyakit yang datang atau masalah keluarga yang rumit. Kita jangan melihat pada badai penyakit atau masalah tetapi fokus pada ‘reward’ yang akan kita terima.Jangan marah pada Tuhan jika diingatkan melalui firman atau didikan keras dari Tuhan karena itu adalah baik untuk kita.

Bangsa Israel tidak menyangka Tuhan akan membelah laut agar supaya mereka bisa berjalan dan keluar dari masalah itu.

Tuhan yang mengijinkan masalah terjadi, dan Tuhan juga yang sudah menyiapkan jalan keluarnya. Pada akhirnya kita pun dapat melihat “… maka terbelahlah air itu.” Mujizat terjadi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *