Makam Ratu Ester dan Mordhekai; kisah Pembalikan keadaan 2500 tahun lalu

Makam Ratu Ester dan  Mordhekai; kisah Pembalikan keadaan 2500 tahun lalu

Makam Ratu Ester dan  Mordhekai di Iran

Ratu Ester yang terkenal karena menyelamatkan bangsa Yahudi dari pembantaian Haman ternyata ada di Iran.. disaat itu kerajaan yang di perintah Raja Ahasyweros, Babilonia yang berkuasa dari Etiopia hingga India.

Sebuah Situs Makam penting di Hamadi, IRAN, Disitu juga di percaya di letakkan kubur Mordekhai; paman dari Ester yang menjadi penasehat Raja.

makam-ratu-ester
trip-to-iran

Rupanya banyak populasi Yahudi yang tinggal di Iran sampai pecah perang etnis hingga banyak orang Yahudi yang kembali ke tanah perjanjian di Jerusalem dan sekitarnya.

Makam Ester ini penuh dengan tulisan tulisan Ibrani. Tidak disangka tempat yang begitu penuh dengan konflik ada situs Makam Ibrani. Namun dikabarkan dari berbagai sumber berita bahwa situs Makam Ester sang Ratu Persia ini selalu dalam keadaan damai dalam berbagai peristiwa perang; karena semua pihak menghormati nama Queen of Persia, Esther.. yang berarti dewi Cinta , the ‘Star’ dalam bahasa Babilonia.

ratu-ester

Kisah Ester adalah kisah seorang anak yatim bernama Hadassah, seorang yang di buang dan biasa hidup dalam kesusahan. Itulah sebabnya Ester dengan mudah masuk ke dalam hari hari puasa, bertahan di saat proses penyaringan menjadi Ratu.

Inilah yang menjadi kisah Pembalikan keadaan, seorang anak Yatim Piatu yang di buang bangsanya menjadi seorang Ratu besar yang menjadi tumpuan banyak orang. Tuhan ada dibalik semuanya.

Purim berasal dari kata Ibrani פּוּרִים (Purim), dalam bahasa Inggris Lots. Kata Purim memiliki kata dasar Pur. Purim merupakan hari raya atau pesta Yahudi untuk memperingati pembebasan kaum Yahudi dari kekaisaran Persia yang hendak membunuh mereka. Kekaisaran Persia dipimpin oleh Haman pada waktu itu.Alkitab mencatat bahwa Haman merencanakan hari untuk memusnahkan kaum Yahudi.Purim dirayakan tiap tahun menurut kalenderIbrani oleh kaum Yahudi.Perayaan ini sebagai bentuk peringatan orang Yahudi bebas dari rencana jahat Haman (Ester 3: 26-32).

Rencana itu digagalkan oleh Ester dan MordekhaiPerayaan ini dirayakan pada hari keempat belas dalam kalender Ibrani dan bulanAdar.

Hari Raya Purim sering disebutkan sebagai Hari Pembalikan keadaan; dikarenakan rencana Haman untuk membunuh bangsa Yahudi di gagalkan Ester dan dalam 1 hari keadaan berbalik, dimana bangsa bangsa yang menjadi musuh Orang orang Yahudi saat itu malah yang dihancurkan.

Oleh sebab itulah hari-hari itu disebut Purim, menurut kata pur. Ester 9:26

dan bahwa hari-hari itu akan diperingati dan dirayakan di dalam tiap-tiap angkatan, di dalam tiap-tiap kaum, di tiap-tiap daerah, di tiap-tiap kota, sehingga hari-hari Purim itu tidak akan lenyap dari tengah-tengah orang Yahudi dan peringatannya tidak akan berakhir dari antara keturunan mereka.

ester 9:28

Peringatan Purim di rayakan di Israel hari hari ini… dan juga di rayakan kaum Yahudi di seluruh dunia untuk mengingat bagaimana Tuhan meluputkan mereka dari kemalangan dan membalikkan keadaan.

Bagi kita umat Kristiani marilah kita mengambil hikmah dari Kisah ini yakni :

  1. Tuhan dapat membalikkan keadaan hidup kita yang hancur menjadi pulih, memberikan kabar baik bahwa masih ada harapan. Masih Ada Tuhan yang melihat.
  2. Didalam kitab Ester tidak ada kata TUHAN tertulis..tidak seperti kitab lain dimana banyak tulisan TUHAN, kitab Ester tidak tertulis nama Tuhan. Memang tidak tertulis namun dalam kitab ini , kita semua membaca dan tahu ada SUTRADARA di belakang layar ikut berperan dan Tuhan ada disitu dan membalikkan keadaan.

Jadi … selamat Hari Purim..

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *